Senin, 29 Juni 2015

MAKALAH FISIKA




“MAKALAH FISIKA”



Description: C:\Users\Chalisa\Documents\poltekkes\LOGO POLTEK 2010 1 - Copy.jpg







Disusun oleh  :

Atfirul Aziz
P27838013077

Pembimbing   :

Hj. Ending Dian Setyaningsih


PROGRAM STUDI DIPLOMA III
JURUSAN TEKNIK ELEKTROMEDIK
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN
SURABAYA



KATA PENGANTAR



            Alhamdulillahirabbilalamin. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan karunia dan nikmatnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah materi fisika kesehatan ini sebagai syarat perbaikan nilai akademik yang menjadi ukuran dalam ketentuan naik tingkat.
            Terimakasih saya ucapkan kepada :

o   Ibu Hj. Endang Dian Setyaningsih selaku dosen pengampu mata kuliah fisika dasar dan sekaliguys dosen pembimbing dalam proses penulisan makalah fisika kesehatan ini.
o   Teman-teman sejawat yang mana juga menjadi rekan dalam kelancaran penulisan makalah ini.
o   Organisasi AMMEM selaku saksi bisu dan yang telah menyediakan fasilitas media penulisan dan mendorong keberhasilan penulisan makalah ini.

Selain itu, penulis mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam penulisan maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat dinantikan.













Penulis







A.   Pembahasan

           

            Makalah ini mengutip tentang materi hukum-hukum fisika beserta dasar teori yang menjelaskan materi yang mana akan memumadahkan pembaca dalam memahami materi dan sedikit menambah wawasan pembaca.
            Materi yang dibahas dalam makalah ini adalah hukum-hukum fisika dasar yakni     :

1.      Mekanik
2.      Fluida
3.      Getaran, Gelombang, Bunyi
4.      Thermodinamika

Dalam setiap pembahasan akan dilengkapi dengan dasar teori beserta contoh pengaplikasiannya dalam dunia kesehatan dalam bentuk prototype atau alat kesehatan.



1.     Hukum Mekanika


Ø Dasar teori
            Hukum mekanika adalah suatu hukum fisika yang berhubungan dengan gerak-gerak benda.
            Ilmu yang mempelajari tentang gerak suatu benda disebut dengan mekanika,sedangkan pengetahuannya disebut dengan mekanik.
            Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali hukum fisika yang berlaku disetiap aktifitas suatu benda atau suatu organisme.dan disetiap gerakan yang ditimbulkan oleh benda tersebut bisa kita namakan gerakan mekanik dan dapat kita pelajari ukuran besar gaya, kecepatan sudut, besar sudut gerak, waktu yang diperlukan dalam gerak dan masih banyak lagi.
            Penerapan hukum fisika juga banyak diterpkan pada dunia kesehatan terutama dalam alat-alat kesehatan. Berikut merupakan contoh beberapa alat kesehatan yang menerapkan hukum fisika dalam prinsip kerjanya :
-          Balance Mekanik
Balance adalah alat yang dipakai untuk melakukan pengukuran massa suatu benda, dalam bentuk elektronik maupun mekanik. Balance jga disebut dengan neraca.
·         Fungsi alat
Balance digunakan dalam laboratorium, terutama yang digunakan untuk kimia,fisika, Dan penelitian medis. Masalah dapat terjadi akibat ketidak akuratan sekecil massa beberapa butir pasir. Reaksi kimia sering membutuhkan jumlah yang tepat dari zat tertentu untuk sukses menjalankan sampai selesai. Sebuah skala digital digunakan
untuk keperluan laboratorium sering kali berisi kotak kaca sekitar permukaan pengukuran untuk mencegah perubahan massa diukur dihasilkan dari arus udara menerapkan sedikit tekanan ke permukaan pengukuran. Hal ini sering terjadi ketika benda hangat atau panas atau zat yang diukur sebagai perbedaan suhu dapat menyebabkan arus udara yang mengubah pengukuran berat badan.
·         Jenis – jenis balance
a.       Spring balance
Fungsinya berdasarkan prinsip kerja pegas. Secara matematis persamaan pegas adalah: 􀜨 = −􀝇􀝔. Dimana F merupakan gaya, k konstanta ke elastisan pegas dan
x merupakan perpanjangan pegas. Semakin besar massa yang ditempatkan pada pelat keseimbangan, semakin panjang pula perpanjangan pegas. Perlu diingat bahwa perpanjangan pegas sebanding dengan massa yang diukur.
b.      Sliding Weight Balance
Jenis timbangan ini dilengkapi dengan beban yang diketahui, yang dapat dipindah – pindahkan dengan pengaturan mikro/makro. Pada saat meletakkan masa yang tidak diketahui pada pelat, nilai massa akan diketahui dengan cara memindahkan posisi mikro atau makro sampai kesetimbangan telah tercapai.
c.       Analytical Balance
Fungsi kerja dari timbangan ini adalah membandingkan masa beban yang diketahui dengan massa beban yang belum diketahui. Pada saat meletakkan beban yang tidak nilainya tidak diketahui, kita juga harus meletakkan beban yang nilainya diketahui pada pelat yang lain. Atur kesetimbangan menggunakan pengaturan mikro/makro sampai kesetimbangan tercapai.
-          Traksi
Traksi adalah tahanan yang dipakai dengan berat atau alat lain untuk menangani kerusakan atau gangguan pada tulang dan otot. Tujuan dari traksi adalah untuk menangani fraktur, dislokasim atau spasme otot dalam usaha untuk memperbaiki deformitas dan mmpercepat penyembuhan. Ada dua tipe utama dari traksi : traksi skeletal dan traksi kulit, dimana didalamnya terdapat sejumlah penanganan.
·         Prinsip kerja traksi
Prinsip traksi yaitu menarik tahanan yang diaplikasikan pada bagian tubuh, tungkai, pelvis, atau tulang belakang dan menarik tahanan yang diaplikasikan pada arah yang berlawanan yang disebut dengan countertraksi. Tahanan dalam traksi didasari pada hokum ketiga (Footner, 1992 and Dave, 1995). Traksi dapat dicapai melalui tangan sebagai traksi manual, penggunaan talim splint, dan berat sebagaimana pada traksi kulit serta melalui pin, wire, dan tongs yang dimasukkan kedalam tulang sebagai traksi skeletal (Taylor, 1987 and Osmond, 1999).
·         Jenis traksi
a.       Traksi lumbal
Traksi  lumbal adalah sebuah alat dengan tenaga mekanik ataupun manual dengan cara kerja yaitu dengan cara memisahkan atau melonggarkan sendi dan jaringan lunak (Cameron, 1999).
b.      Traksi

-           Centrifuge
Centrifuge merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memisahkan padatan dalam cairan oleh sedimentaasi, atau cairan dari beragam density dengan memanfaatkan gaya sentrifugal.
·         Prinsip kerja Centrifuge
Gaya sentrifugal merupakan aplikasi dari hukum Newton tentang gerak. Ketika massa suatu benda berbalik titik pusat, hal ini mempengaruhi gaya sentripetal yang diarahkan ke sumbu rotasi dengan besaran tertentu,dimana massa adalah massa benda atau zat,[R] adalah radius dan ω adalah kecepatan sudut. Ketika alat berputar pada kecepatan radian ω /detik,sampel akan bergerak ke dasar tabung karena gaya sentrifugal yang besarnya sama dengan gaya sentripetal tapi dengan arah yang berlawanan. Atau mudahnya partikel padat akan bergerak memisah ke dasar tabung dan mengendap sedangkan zat cair dipermukaan.

2.     Hukum Fluida

Ø  Dasar teori
Fluida merupakan zat yang dapat mengalir. Kata fluida juga mencakup zat cair dan gas karena kedua zat ini dapat mengalir. Selain zat cair, zat gas juga dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain.
Fluida merupakan satu aspek yang penting dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan wujudnya, fluida dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
v  Fluida gas, merupakan fluida dengan partikel yang renggang dimana gaya tarik antara molekul sejenis relatif lemah dan sangat ringan sehingga dapat melayang dengan bebas serta volumenya tidak menentu.
v  Fluida cair, merupakan fluida dengan partikel yang rapat dimana gaya tarik antara molekul sejenisnya sangat kuat dan mempunyai permukaan bebas serta cenderung untuk mempertahankan volumenya

 Fluida dapat dibagi menjadi dua bagian yakni :
o   Fluida statis
o   Fluida dinamis

Fluida statis adalah fluida yang dalam fase tidak bergerak (diam) atau fluida dalam keadaan bergerak tetapi tak ada perbedaan kecepatan antar partikel fluida tersebut atau bisa dikatakan bahwa partikel-partikel fluida tersebut bergerak dengan kecepatan seragam sehingga tidak memiliki gaya geser. 
Fluida dinamis adalah fluida yang bergerak.
                            
     Penerapan fluida dalam dunia kesehatan terutama adlam bidang alat-alat kesehatan contohnya sphygmomanometer,hemodialisa,syiringe pump,PCA pump,infus pump dan masih banyak lagi alat kesehatan yang cara kerjanya merupakan penerapan hukum fisika.
      Sebagai contoh;

-          PCA Pump
Description: 20140602_082134.jpgPCA Pump kependekan dari Patient Controlled Analgesia yang mana alat ini di dalamnya berisi obat penghilang rasa nyeri yang langsung terpasang pada pembuluh darah melalui selang infus. Cara kerja PCA Pump hamper sama dengan infus pump, hanya saja perbedaannya terletak pada controlnya. Pada PCA Pump terdapat sebuah tombol yang diletakkan di dekat patient sehingga pada saat pasie merasa nyeri atau sakit maka patien dapat menekan tombol tersebut.

o   Prinsip dasar penggunaan PCA Pump
PCA Pump digunakan untuk memasukkan cairan obat sesuai settingan yang telah diatur oleh operator, yang dikendalikan oleh pasien melalui tombol genggam yang terhubung pada mesin PCA Pump. Pemberian dosis ini dapat disetting terlebih dahulu oleh operator ( dokter atau perawat ) sesuai dengan kebutuhan dosis yang dbutuhkan pasien.

-          Hemodialisa

Description: http://www.ibpmt.com/pic_design/dialogplus.jpg
o   Pengertian

 Dialisi adalah suatu proses difusi zat terlarut dan air secara pasif melalui suatu membran berpori dari satu kompartemen cair lainnya. Hemodialisi adalah suatu mesin ginjal buatan (atau alat hemodialisis) terutama terdiri dari membran semipermeabel dengan darah di satu sisi dan cairan dialisis di sisi lain.
Hemodoalisis adalah suatu dialisis eksternal terdiri dari sebuah coil yang berfungsi sebagai membran semipermeable (tembus air). Darah pasien mengalir keluar dari tubuh dan melalui coil dan kemudian kembali ke dalam tubuh. Selain coil, terdapat juga solusi hipertonic yang disebut dialysate yang menarik produk-produk buangan yang berasal dari darah melintasi membran semipermeable.
Hemodialisa adalah suatu tindakan yang digunakan pada gagal ginjal untuk menghilangkan sisa toksik, kelebihan air, cairan, dan untuk memperbaiki keseimbangan elektrolit, dengan prinsip filtrasi, osmosis, dan difusi, dengan menggunakan sistem dialisa eksternal; terdapat beberapa tipe akses vaskular yang dapat digunakan: pirau-sementara; sambungan eksternal diantara arteri dan vena; fistula-permanen, sambungan internal atau tandur diantara arteri dan vena dilengan atau paha; jalur subklavia atau femoral-sementara, kateter eksternal pada vena besar.
Jadi dapat disimpulkan bahwa hemodialisa adalah suatu proses penyaringan kotoran dan racun dalam darah dengan menggunakan suatu alat dialisis atau ginjal buatan dengan prinsip disfusi, osmosis dan filtrasi.

o   Prinsip kerja Hemodialisa
Prinsip kerja hemodialisa yaitu dengan menerapkan proses osmotis dan ultrafiltrasi pada ginjal buatan, dalam membuang sisa-sisa metabolisme tubuh. Pada hemodialisis, darah dipompa keluar dari tubuh lalu masuk kedalam mesin dialiser ( yang berfungsi sebagai ginjal buatan ) untuk dibersihkan dari zat-zat racun melalui proses difusi dan ultrafiltrasi oleh cairan khusus untuk dialisis (dialisat). Tekanan di dalam ruang dialisat lebih rendah dibandingkan dengan tekanan di dalam darah, sehingga cairan, limbah metabolik dan zat-zat racun di dalam darah disaring melalui selaput dan masuk ke dalam dialisat. Proses hemodialisis melibatkan difusi solute (zat terlarut) melalui suatu membrane semipermeable. Molekul zat terlarut (sisa metabolisme) dari kompartemen darah akan berpindah kedalam kompartemen dialisat setiap saat bila molekul zat terlarut dapat melewati membran semipermiabel demikian juga sebaliknya. Setelah dibersihkan, darah dialirkan kembali ke dalam tubuh.

-          Kasur Udara Anti Decubitus

o   Pengertian
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuGy8nygIhhMD0OK1pr4wO1fRxTxrksUBeFBaPIjwSC7pGqo_baSkZcQx6Kb01B6W0nJP3by8tETF2vqvOyVnCPnux2x2Hk2jKrqEUw8pUwq32G85i4koEpxGqb6dVyP7ElBlljcfJ9EkO/s320/jual+excel4000.jpgKasur ini terbuat dari gelembung udara yang berjarak di masing-masing bagian sambungan. Kasur ini dilengkapi dengan mesin pompa udara listrik bertenaga kecil untuk memompa aliran udara keluar masuk secara otomatis. Kasur ini berbentuk gelombang-gelombang berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan bidang tubuh, berat badan, maupun posisi pasien yang berbaring diatasnya.
Kasur ini merupakan alat terapi yang menerapkan hukum fluida udara/gas.

o   Prinsip kerja kasur udara
Kasur ini dilengkapi dengan mesin pompa udara listrik bertenaga kecil untuk memompa aliran udara keluar-masuk secara otomatis. Kasur ini berbentuk gelombang-gelombang berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan bidang tubuh, berat maupun posisi pasien yang berbaring diatasnya.
Gelembung kasur akan mengempis pada bidang yang tertindih anggota tubuh, contoh apabila pasien sedang miring ke kanan maka tekanan udara pada sisi kanan pasien akan turun sedangkan bidang kasur yang tidak tertindih tetap menggelembung, begitu sebaliknya

o   Manfaat Kasur Udara
Apabila seorang pasien yang memerlukan perawatan dalam jangka waktu yang lama di ruang rawat inap, maka pasien yang terus menerus berbaring di tempat tidur akan mengalami luka lecet, yang disebut decubitus. Luka lecet ini akibat tekanan anggota tubuh terhadap permukaan tempat tidur. Untuk mencegah terjadinya decubitus, diperlukan kasur tambahan khusus yaitu kasur anti-dekubitus [anti-decubitus mattrass] yang diletakkan diatas kasur standar tempat tidur itu sendiri. Selain itu, kasur anti decubitus bermanfaat untuk terapi dari gangguan penyakit yang dirasakan melalui penekanan syaraf tulang belakang.

3.     Getaran, Gelombang, dan Bunyi

Ø Dasar teori

o   Geteran
Getaran adalah suatu gerak bolak-balik di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan yang dimaksud disini adalah kondisi atau posisi awal sebelum benda tersebut dikenai gaya. Getaran mempunyai amplitudo (jarak simpangan terjauh dengan titik tengah) yang sama. Geteran gelombang dan bunyi memiliki hubungan yang sangat erat dalam pembahasannya. Seperti amplitude yang dimiliki sebuah getaran akan mempengaruhi kuat lemahnya bunyi.
o   Gelombang
Gelombang merupakan getaran yang dapat merambat atau menjalar dengan atau tanpa medium. Seperti halnya ombak di pantai yang semula dari pantai lepas hingga ke daratan.
Gelombang menurut kebutuhan mediumnya dapat dibagi menjad 2,yakni;
·         Gelombang mekanik
Gelombang yang proses perambatannya memerlukan medium seperti zat cair dan zat padat,tanpa sebuah medium gelombang tersebut tidak dapat merambat. Contoh gelombang bunyi.
·         Gelombang elektromagnetik
Suatu gelombang dimana dalam proses perambatannya tak perlu media atau dapat merambat dalam ruang hampa, seperti gelombang cahaya.
o   Bunyi
Bunyi merupakan bentuk gelombang dimana berwujud gelombang tranversal dan arah rambatan sejajar dengan arah getaran. Kuat lemah bunyi dipengaruhioleh amplitude dan tinggi rendahnya bunyi dipengaruhi oleh frekuensi.
Pengelompokan bunyi berdasarkan frekuensinya;
·         Bunyi Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya < 20 Hz. bunyi ini tidak dapat didengarkan oleh manusia namun dapat didengarkan oleh laba-laba, jangkrik dan lumba-lumba.

·          Bunyi audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya diantara  20 Hz - 20.000 Hz. bunyi jenis inilah yang dapat didengarkan oleh manusia.
·          Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya  > 20.000 Hz. bunyi jenis ini juga tidak dapat di dengarkan manusia. hewan yang mampu mengarkan bunyi jenis ini adalan lumba2, jangkrik, anjing....dll

Dalam dunia kesehatan banyak hukum geteran, gelombang, dan bunyi diterapkan di alat-alat kesehatan terutama dalam pemanfaatan tinggi rendah frequensi dalam proses diagnose ataupun terapi. Contohnya seperti Audiometer, Alat Bantu Pendengaran, Diathermi baik MWD maupun SWD, fetal Doppler, nebulizer, dll.

-          Audio meter

·         Pengertian
Description: P06-12-10_09-22.jpgAudiometer adalah alat elektronik pembangkit bunyi dalam intensitas dan frekuensi tertentu, yang dipergunakan untuk mengukur tingkat ambang pendengaran seseorang.

·         Prinsip kerja
Dari audiometer kita setting output dengan kenaikan yang teratur, dimana output dari audiometer sendiri berupa frekuensi dan angka intensitas desibell. Kemudian dari outputan dari audiometer akan dikeluarkan melalui headphone dan intensitas kebisingan serta frequensi ditampilkan pada display. Audiometer merupakan sumber rangsangan yang mana jika ada respon dari pasien atau pasien mendengar bunyi , maka pasien akan merespon dengan menekan tombol interup pada control audiometer.

-          Magnetig Resonansi Imaging (MRI)

·         Pengertian
Magnetig Resonansi Imaging adalah sebuah alat diagnose dan merupakan bagian dari teknik tomografi yang pertama kali digunakan oleh Raymond Damadian untuk diagnose medis. Yang mana memanfaatkan perilaku atom hydrogen yang banyak mendominasi tubuh manusia dalam memetakan organ dengan memberikan rangsangan berupa frequensi radio untuk proses  diagnosa. MRI dapat menghasilkan gambar tiga dimensi dengan resolusi tinggi yang menggambarkan ciri-ciri morfologi suatu spesimen. Perbedaan kontras pada jaringan lunak bergantung pada perbedaan kandungan air endogenous, waktu relaksasi dan atau karakter difusi dari jaringan yang diamati Kespesifikan MRI dapat lebih ditingkatkan dengan menambahkan senyawa pengontras (SP) seperti kelat gadolinium yang dapat mencitrakan parameter-parameter hemodinamik yang meliputi blood perfusion dan permeabilitas pembuluh darah (vascular permeability). Penggunaan senyawa pengontras memungkinkan MRI menjadi salah satu modalitas imejing molekuler. Pengembangan senyawa pengontras terarah untuk MRI (targeted MRI) yang diarahkan pada entitas molekul tertentu dapat secara dramatis memperluas rentang penggunaan MRI dengan menggabungkan teknik MRI resolusi tinggi non-invasif dengan lokalisasi target molekul yang spesifik

·         Prinsip kerja
Struktuk atom hidrogen dalam tubuh manusia saat diluar medan magnet mempunyai arah yang acak dan tidak membentuk keseimbangan. Kemudian saat diletakkan pada MRI (gantry), maka atom H akan sejajar dengan arah magnet. Demikian juga arah spinning dan precessing akan sejajar dengan arah medan magnet. Saat diberikan frequensi radio maka atom H akan mengabsorpsi energi dari frequensi radio tersebut. Akibatnya dengan bertambahnya energi, atom H akan mengalami pembelokan, sedangkan besarnya pembelokan arah, dipengaruhi oleh besar dan lamanya energi radio frequensi yang diberikan.
Sewaktu radio frequensi dihentikan maka atom H akan sejajar kembali dengan arah medan magnet. Pada saat kembali inilah, atom H akan memancarkan energi yang dimilikinya. Kemudian energi yang berupa sinyal tersebut dideteksi dengan detektor yang khusus dan diperkuat. Selanjutnya komputer akan mengolah dan merekonstruksi citra berdasarkan sinyal yang diperoleh dari berbagai irisan.

-          Nebulizer

·         Pengertian
Nebulizer merupakan sebuat alat terapi untuk orang yang menderita menderita ISPA dan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan lainnya. Alat ini merubah  obat yang berbentuk cairan menjadi bentuk partikel aerosol sehingga mudah dihirup dan diuapkan. Yang mana partikel obat tersebut dapat masuk dalam paru-paru dan dapat langsung bekerja.
Jenis nebulizer ada 2,yakni;
o   Nebulizer kompresor
o   Nebulizer ultrasound
Tapi untuk kali ini kita akan membahas tentang nebulizer ultrasound dimana dalam prinsip kerjanya menerapkan frequensi dan getaran.

·         Prinsip kerja
Nebulizer ultrasound ini akan menghasilkan aerosol dari proses osilasi frequensi tinggi dengan piezielektric crystal yang berada dekat larutan yang kemudian menghasilkan uap aerosol. Piezoelektik secara langsung akan mengubah energy listrik menjadi mekanik sedangkan, tegangan input yang digunakan membuat bagian keramik meregang dan memancarkan gelombang ultrasonic. Ketika terdapat frekuensi mengenai piezoelektrik , maka clp-type spring yang terhubung dengan seismic mass akan menekan crystal, sehingga menyebabkan lapisan tipis antara crystal dengan housingakan bergetar.


4.     Hukum Thermodinamika

Ø  Dasar teori
Termodinamika berasal dari dua kata  : Thermal (yang berkenaan denganpanas), dinamika (yang berkenaan dengan pergerakan) atau Termodinamika : ilmu mengenai fenomena-fenomena tentang energi yang berubah-ubah karena pengaliran panas dan usaha yang dilakukan.
Terdapat empat Hukum Dasar  Termodinamika yang berlaku, yaitu;
·         Hukum awal (Zeroth Law) Termodinamika
Hukum ini menyatakan bahwa dua system dalam keadaan setimbang dengan system ketiga, maka ketiganya dapat saling setimbang satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan kalor yang terdapat pada system berupa partikel yang bervariasi, partikel tersebut berpndah dan mengalirkan energinya ke partikel disebelahnya.
·         Hukum pertama Termodinamika
Hukum ini terkait dengan kekekalan energy. Hukum ini menyatakan perubahan energy dalam suatu system termodinamika tertutup sama dengan total dari jumlah energy kalor yang disupplai ke dalam system dan kerja yang dilakukan terhadap system.
Hukum ini juga menyatakan bahwa nergi suatu sitem yang terisolasi adalah kontan.
·         Hukum kedua Termodinamika
Hukum ini terkait dengan entropi. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu system termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkatkan seiring dengan meningkaatnya waktu,mendekati nilai maksimum. Perubahan entropi (perubahan dalam jumlah keadaan yang tidak teratur).
·         Hukum ketiga Termodinamika
Hukum ketiga ini menyatakan bahwa entropi benda berstruktur Kristal sempurna pada temperature nol absolut bernilai nol yang kaitannya hukum ini adalah ketika suatu system mencapai temperature nol absolut maka semua proses akan berhenti dan entropi akan mendekati nilai minimum.
                        Berikut merupakan aplikasi termodinamika dalam dunia medic
Yaitu alat alat yang menggunakan prinsip termodinamika;
-          Waterbath

·   Definisi alat
Waterbath merupakan sebuat alat medis yang berfungsi untuk menjaga atau mempertahankan suhu suatu zat yang mana dalam pemanfaatannya mempertahankan suhu tersebut untuk mengembangbiakkan suatu bakteri atau organisme dan menjaga suhu suatu sempel agar tidak rusak.

·   Prinsip kerja
Suatu waterbath mempunyai tanki terbuat dari bahan tahan karat dengan kumpulan resistor listrik yang dipasang di bagian bawah yang mana berfungsi untuk memindahkan panas ke media yaitu air atau minyak sampai mencapai suhu yang ditentukan dengan perangkat control thermostat.

-          Diathermy

Ada dua jenis diathermi
a.             short wave diathermy(diathermy gelombang pendek)
adalah suatu alat terapi yang menggunakan pemanasan pada jaringan yang merubah energy elektromagnetik menjadi energy panas, biasanya disebut diathermy gelombang pendek, berfungsi untuk memanaskan jaringan dan pembuluh darah dengan gelombang pendek sehingga peredaran darah menjadi lancar.
-          digunakan pada kram otot(muscle sprain), nyeri pada intervertebrate disk, penyakit degeneratif pada persendian radang bursa(bursitis)
memilik dua cara kerja yang pertama
-           teknik kondensor(conductor technique); bagian tubuh sebelah menyebelah di letakan dua metal plate like electrode. Pada permukaan electrode di berikan larutan elektrolit, dengan adanya aliran AC(bolak-balik) mulekul tubuh menjadi agitasi karena kenaikan temperature.
-          Diathermy metode induksi(inductothermy); bagian tubuh yang akan dipanasi, dililitkan dengan kabel lalu dialiri listrik. Jaringan tubuh tidak berada dalam sirkuit, tetapi terletak dalam medan magnet dari suatu koil, frekuwnsi yang di pakai 1Mhz.

v  Prinsip kerja SWD
Gelombang radio dilemahkan saat melewati jaringan,tetapi sesungguhnya dapat menembus jaringan sampai dalam tergantung pada jaringan yang dilewati, frekuensi dan karakteristik dari aplikator.
Aplikator induktif meningkatkan pusaran medan magnet di jaringan, dan sebagai pengatur dan penghasil temperature tinggi di jaringan yang kaya akan cairan, menginduksi dengan tinggi jaringan otot. Kapasitor melengkapi aplikator yang meningkatkan panas dari medan listrik. Temperature maksimal cenderung muncul pada jaringan yang kurang kandungan cairan seperti lemak, dan dapat memungkinkan untuk membakarnya. SWD dapat meningkatkan suhu lemak subkutan sampai 15oC dan pada kedalaman 4-5 cm dengan panas 4oC-6oC. mesin SWD dapat menghasilkan pulsa sama baiknya dengan continuous wave output.continous wave digunakan apabila tujuan dari terapi adalah untuk memanaskan.
Mesin SWD pada dasarnya adalah sebuah radio transmitter yang dioperasikan seperti radio transmitter lainnya. Pasien diletakan dimesin dan dilindungi dari luka dengan mengoperasikan circuit dengan rangsangan maksimum, seperti mesin automatis pada mesin SWD yang modern.
b.            Micro wave diathermy (diatermi gelombang mikro)
Description: C:\Users\User\Documents\Fisika\images (2).jpg
Adalah suatu alat terapi yang memancarkan gelombang micro (micro wave) untuk memanaskan jaringan di dalam kulit.
-          Digunakan untuk patah tulang (fraktur), sprain dan strain,bursitis, radang tendon, artristis.
-          Menggunakan magnetron untuk menghasilkan gelombang radio dengan osilasi pada frekuensi 900Mhz.
-          Besar energinya terletak antara short wave diathermi dan infra merah.

-          Infant Warmer







Tidak ada komentar:

Posting Komentar